ads by google 3

Banyak Wanita AS Terserang Sindrom 'Tubuh Sempurna'

Diam-diam, ada penyakit baru yang tengah berjangkit di Amerika Serikat. Penyakit yang dimaksud adalah sindrom tubuh sempurna (perfect body sindrome). Seperti dilaporkan sebuah situs lifestyle yang berbasis di sana, Kebanyakan wanita di sana memimpikan mempunyai tubuh seperti layaknya supermodel. ''Padahal, mereka tak kalah cantik, menarik, dan seksi tanpa harus tampil layaknya model,'' tulis kolumnis situs celebtrendz.

Kesimpulan yang diambil situs itu didasarkan pada ramainya perbincangan di egroup yang banyak diikuti kaum wanita. Umumnya, topik pembicaraan yang diminati adalah soal pengurangan berat badan, diet, dan fitnes. ''Tengoklah pesan on-line mereka, maka yang bertebaran adalah tulisan 'bagaimana membuat tubuh yang sempurna', atau diet bagaimana yang membuahkan hasil cepat,'' tulisnya.

Umumnya, para gadis di bawah 20 tahun memasang Britney Spears dan Christina Aguilera sebagai patokan tubuh sempurna. Tak hanya berdiet keras agar tubuhnya sesintal kedua artis ini, mereka juga memenuhi sanggar-sanggar kebugaran untuk membuat perut mereka tampil 'rata'. Beberapa juga mencat rambut sesuai warna rambut idolanya.

Sang kolumnis di situs tersebut menduga penyebab utama sindrom itu adalah budaya Amerika yang rajin menebarkan dikotomi mengenai tubuh wanita. ''Bahwa mereka yang bertubuh ramping lah yang menarik, sedang tubuh tambun identik dengan tidak menarik.'' Tiap hari, kaum wanita dibombardir dengan gambar-gambar sosok ramping, baik sebagai model iklan, artis, atau bintang televisi.

Masih kata sang kolumnis, saat ini banyak pasien yang dirawat di rumah sakit akibat diet yang salah. Sayangnya, situs itu tidak melaporkan berapa jumlah paasien itu, dan berapa prosentase wanita AS yang terserang sindrom tubuh ideal itu.

Sebetulnya, korban sindrom tubuh sempurna itu sudah memakan 'korban' sejak tahun 70-an. Adalah peragawati Twiggy yang terserang sindrom itu dengan selalu ingin tampil ceking. Penyakit yang menyerang Twiggy itu, baru populer tahun 80-an sebagai anorexia dan bulimia. Salah satu artis -- belakangan menjadi guru senam -- yang terang-terangan mengaku tersiksa dengan penyakit ini adalah Jane Fonda.


tempo.co.id

gugad1