ads by google 3

Mengintip Situs Kesehatan di Indonesia

Situs kesehatan di internet sebagai salah satu referensi sebenarnya bukan hal baru, terutama bagi para netter luar negeri. Bahkan menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh California HealthCare Foundation (CHCF) dengan pengarahan dari RAND Health, sebagian besar masyarakat Amerika Serikat malah menggunakan informasi dari situs kesehatan sebagai alternatif penyelesaian masalah kesehatan.

Hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association (JAMA) edisi Mei 2001, itu dinilai cukup mengkhawatirkan karena informasi yang diperoleh dari internet biasanya tidak lengkap dan sulit dimengerti oleh para pembacanya.

Bagimana dengan para netter di Indonesia? Situs kesehatan kebanyakan benar-benar digunakan sebagai salah satu referensi saja. Selain untuk mengetahui kabar terakhir dari dunia kesehatan, situs kesehatan juga merupakan tempat konsultasi dengan para dokter atau paramedis secara gratis. Tak heran jika rubrik konsultasi di bebarapa situs kesehatan, menjadi salah satu rubrik favorit.

Untuk di Indonesia, situs-situs kesehatan tampaknya baru mulai berkembang. Tumbuhnya beberapa portal besar macam Detik.com (www.detik.com/iguide/asoy/kesehatan), Satunet.com (www.satumed.com), Astaga.com (http://idlive1.astaga.com/sehat) atau Pacific.net.id (www.pacific.net.id) yang menyajikan situs kesehatan secara tidak langsung ikut mempopulerkan situs jenis ini. Ditambah lagi dengan rubrik khusus kesehatan yang dimiliki beberapa situs berita, seperti Tempo Interaktif (www.tempointeraktif.com/kliniknet), atau Kompas Cyber Media (www.kompas.com ).

Situs kesehatan umum yang cukup lengkap memuat berita seputar kesehatan antara lain Sehat 2010 (www.sehat2010.com). Selain berita kesehatan, situs ini lengkapi dengan artikel seputar gaya hidup, seksologi, pengobatan alternatif, serta direktori rumah sakit, apotek, dokter, klinik dan asuransi. Selain itu, ada pula situs milik Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (www.pdpersi.co.id). Selain membuat berbagai peraturan kesehatan Indonesia, situs ini juga menyajikanberbagai artikel kesehatan umum, artikel tentang masalah wanita, kesehatan lingkungan, pengobatan alternatif, dan informasi produk baru. Dilengkapi pula dengan direktori klinik dan rumah sakit Indonesia, direktori dokter, instalasi gawat darurat, klinik 24 jam, apotek 24 jam, serta link ke berbagai situs kesehatan. Serta mesin pencarian untuk mencari dokter, jadwal rumah sakit/klinik dan apotek dan klinik 24 jam, serta instalasi gawat darurat. Situs lain yang cukup lengkap menyajikan artikel seputar kesehatan dan keluarga adalah Keluarga.org (www.keluarga.org). Berisi berbagai artikel kesehatan seputar pra-nikah, pernikahan, kehamilan, persalinan, balita, kanak-kanak, remaja, dewasa, suami-istri, manula, dan kesehatan keluarga. Serta berbagai artikel soal perawatan tubuh.

Selain beberapa situs yang menyajikan berita seputar kesehatan secara umum, ada pula beberapa situs yang mengkhususkan diri pada satu masalah kesehatan. Seperti situs tentang kesehatan gigi (www.konsultasigigi.com) yang merupakan media layanan konsultasi gigi pertama di Indonesia. Atau beberapa situs khusus yang dikelola oleh yayasan tertentu. Misalnya, Yayasan Alergi Indonesia (www.alergi.co.id) yang memuat berbagai materi seputar alergi, lengkap dengan rubrik konsultasi yang digawangi oleh Konsultan Alergi Imunologi dari subbagian Alergi Imunologi Klinik bagian Ilmu Penyakit Dalam RSCM-FKUI. Situs milik Yayasan Asma Indonesia (www.yayasan-asma-indonesia.com) untuk penyakit asma, situs tentang kanker milik RS Kanker Dharmais (http://www.dharmais.co.id/infokanker/buletin.htm), dan situs milik Yayasan Peduli Jantung dan Stroke Indonesia (http://kardio-stroke.i-2.co.id) yang berisi segala sesuatu yang menyangkut penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, ada pula situs khusus bagi kelompok usia atau jenis kelamin tertentu. Seperti misalnya situs khusus kesehatan pria (www.klinikpria.com) yang memuat segala sesuatu artikel seputar dunia pria atau situs tentang balita (www.balita-anda.indoglobal.com/) yang berisi segala macam artikel soal bayi dan balita, serta ibu hamil dan menyusui.

Tak hanya soal berita kesehatan fisik, situs psikologi pun sudah tersedia. Silakan klik situs milik Iqeq (www.iqeq.web.id) yang berisi berbagai artikel seputar psikologi dan kesehatan, lengkap dengan konsultasi kesehatan bagi anak, remaja, keluarga dan umum.

Jika ingin mengetahui masalah obat-obatan lebih jauh, silakan klik situs Obat Sehat (www.obatsehat.com) yang menyajikan banyak hal disamping berita seputar obat, vitamin dan suplemen.

Banyaknya situs kesehatan Indonesia saat ini memang cukup menggembirakan, sayangnya media internet baru bisa dinikmati oleh sebagian kecil masyarakat Indonesia. Sehingga berbagai informasi seputar dunia kesehatan yang menarik masih menjadi milik sebagian masyarakat.


tempo.co.id

# kalo ada yang mo nambahin silahkan masukan di comments#

gugad1