ads by google 3

Perempuan Perokok Rentan Terhadap Penuaan Dini

Perempuan yang memiliki kebiasaan merokok rentan terhadap penuaan dini. Hal ini disebabkan karena asap rokok menyebabkan kulit menjadi cepat kering sehingga proses pengelupasan dan peremajaan kulit sulit terjadi. Demikian diungkapkan oleh Lanny Yuniarti, pakar kecantikan dari Surabaya, dalam Seminar Seks dan Kecantikan yang diselenggarakan di hotel Dusit Balikpapan, Minggu (29/7).

Lanny menyatakan bahwa selain merokok, stress yang berkepanjangan juga akan mempengaruhi proses penuaan. "Perempuan yang memiliki kebiasaan merokok dan sering stres kemungkinan besar kulitnya akan cepat kering dan berkerut, sehingga nampak menjadi tua," ujar Lanny.

Pencegahan yang dapat dilakukan agar tidak terjadi penuaan dini, menurut Lanny, adalah dengan mempercepat proses pengelupasan kulit. Proses pengelupasan kulit tersebut dapat dilakukan dengan memoleskan larutan bahan aktif atau biasa disebut dengan lulur (chemical peeling) atau juga melalui olahraga secara rutin.

Berdasarkan pengalaman dari penyanyi Memes, chemical peeling yang dilakukannya setiap hari, ternyata membuahkan hasil yang memuaskan. "Pada usia saya yang tidak muda lagi, kondisi kulit wajah saya masih muda,"jelas Memes.

Lanny juga menjelaskan banyak orang yang kurang memahami bahwa pengelupasan kulit dapat mencegah penuaan dini. Mereka mengira bahwa pengelupasan kulit malah akan membahayakan kulit.

Selain dua hal diatas, penuaan dini juga dapat terjadi karena beberapa hal. Antara lain sinar matahari, pemakaian pelembab secara berlebihan dan pemakaian kosmetik yang tidak tepat.

Lanny mengingatkan, kulit wanita sangat sensitif terhadap bahan aktif, sehingga harus hati-hati dalam menggunakan produk kosmetik. Oleh sebab itu, kalau perlu, sebelum menggunakan salah satu produk kosmetik, kaum wanita berkonsultasi terlebih dahulu kepada pakar kecantikan.


tempo.co.id

gugad1