ads by google 3

Gondongan

Pekan ini gondongan dikabarkan menyerang beberapa wilayah di Jakarta. Belum diketahui apakah ia telah menjadi wabah, tapi bagi kota semacam Jakarta yang berpenduduk padat, gondongan -- penyakit yang disebabkan virus paramyxovirus -- memang penyakit yang ada terus sepanjang tahun. Meski begitu, ia harus tak dianggap biasa karena pada kasus tertentu bisa membikin mandul.

Mumps, demikian dokter menyebut penyakit ini, menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri di kelenjar ludah. Pada orang dewasa, infeksi ini juga bisa mengenai organ kelamin. Virus ini menular melalui ludah terinfeksi yang mengandung virus, yang tersebar pada saat seorang penderita batuk atau bersin, atau ketika kontak langsung dengan benda yang terkontaminasi ludah terinfeksi.

Penyakit ini bisa menjangkiti usia berapa pun, tapi yang tersering pada anak-anak berusia 5 sampai 15 tahun. Sangat jarang terjadi infeksi pada anak kurang dari 2 tahun. Sekali terinfeksi, orang akan mendapat kekebalan seumur hidup.

Gejala gondongan akan muncul pada hari ke 14-24 setelah infeksi. Gejala itu antara lain menggigil, sakit kepala, nafsu makan hilang, tidak enak badan/malaise dan demam yang akan timbul 12 sampai 24 jam sebelum kelenjar ludah mulai membengkak.

Gejala pertama infeksi kelenjar ludah adalah nyeri pada saat mengunyah atau menelan terutama menelan cairan yang asam seperti jus jeruk. Kelenjar terasa nyeri bila disentuh. Pada tahap ini suhu tubuh meningkat mencapai 39,4-40 derajat Celcius. Semua kelenjar ludah akan membengkak pada hari kedua.

Sebagian besar anak-anak yang mengidap gondongan kembali sembuh total sempurna, tapi sebagian kecil memburuk setelah 2 minggu. Pada mereka terjadi komplikasi yang melibatkan organ selain kelenjar ludahdan bisa terjadi sebelum, bersamaan atau setelah pembengkakan pada kelenjar ludah. Pada beberapa kasus kelenjar ludah malah tak terinfeksi sama sekali.

Satu untuk tiap 400 sampai 6 ribu gondongan berkembang menjadi ensefalitis yang biasanya diikuti kerusakan saraf atau otak permanen seperti menjadi tuli atau kelumpuhan otot wajah pada salah satu sisi tubuh.

Karena kesulitan mengunyah sebaiknya penderita diberi makanan lunak dan menghindari makanan dan minuman yang asam. Analgesik seperti parasetamol diberikan untuk mengurangi nyeri dan rasa tidak nyaman. Anak laki-laki atau pria dengan pembengkakan testis harus berbaring di tempat tidur. Skrotum disangga dengan kapas dan diberikan kompres es untuk mengurangi nyeri.

Gondongan dapat dicegah dengan vaksinasi. Biasanya vaksinasi diberikan bersamaan vaksin campak dan campak Jerman atau yang dikenal sebagai vaksin MMR (measles, mumps, rubella). ASI yang memiliki kemampuan antibakteri-virus-parasit dipercaya jadi pembunuh virus gondongan.



tempo.co.id

gugad1